Inilah 5 Buah Murah yang Berkhasiat Tinggi

Inilah 5 Buah Murah yang Berkhasiat Tinggi

Dianjurkan bagi kita untuk banyak mengkonsumsi berbagai macam buah-buahan dan sayuran, karena sebagian besar nutrisi tidak dijumpai pada makanan lain seperti susu, daging, atau ikan. Kenapa harus bermacam-macam buah? Karena tipa buah juga memiliki karakterisitik tersendiri, terutama dalam hal level kandungan nutrisinya yang berbeda-beda. 

Namun sayangnya, buah adalah golongan makanan yang umumnya dijual dengan harga yang bagi sebagian orang mahal termasuk saya. Tapi ada kabar baiknya, karena tak hanya buah mahal saja yang kaya akan nutrisi, karena daerah kita adalah penghasil buah tropis yang sangat bergizi dan harganyapun terbilang murah.

Berikut buah-buahan yang harganya tergolong murah, namun tetap menjanjikan asupan nutrisi yang cukup bagi tubuh kita.

Sebenarnya sebagian besar jenis buah bernutrisi terutama dalam hal kandungan vitamin dan mineral, hanya saja jumlahnya yang mungkin berbeda-beda. Semuanya bagus dan bermanfaat bagi kesehatan, dan sebagian besar murah harganya sbb.

1. Buah pisang


Buah pisang terkenal akan kandungan kaliumnya, yaitu mineral penting bagi tubuh untuk menurunkan tingka sodium dalam darah. Serta buah pisang tinggi akan vitamin B6 dan C. Kesemua nutrisi ini sangat penting untuk menjaga agar jantung tetap sehat mencegah terjadinya darah tinggi dan serangan jantung koroner. Pisang juga merupakan sumber gula alami terbaik, yang artinya tubuh akan memperoleh energi tanpa efek samping seperti halnya ketikan mengkonsumsi gula pasir.

2. Buah Pepaya


Siapa yang tak kenal buah yang satu ini, yang orang juga menyebutnya sebagai makanan rakyat kaena harganya yang murah. Namun dibalik kemurahan harga tersebut tersembunyi sejuta manfaat bagi kesehatan. Pepaya kaya akan zat yang disebut betakaroten, yaitu zat yang akan digunakan tubuh untuk membuat vitamin A. Selain itu, pepaya juga mengandung zeasantin, senyawa antioksidan yang berguna untuk melindungi mata dari kerusakan akibat ultraviolet. Masih banyak lagi nutrisi penting ang tersembunyi dalam pepaya, termasuk kolin(kesehatan syaraf), vitamin C(kekebalan tubuh), kalium (pembuluh darah dan otot), serta bagus bagi pencernaan karena membantu mencegah dan mengatasi sembelit.

3. Nanas

Nanas juga merupakan salah satu buah yang mudah ditemukan dan harganya murah. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa meningkatkan konsumsi makanan nabati seperti nanas menurunkan risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, kesehatan kulit sehat dan rambut, meningkatkan energi, dan menjaga berat badan ideal. Sama dengan pisang, nanas juga mengandung kalium yang bermanfaat mencegah hipertensi dan penyakit jantung. Vitamin C adalah Antioksidan dalam nanas yang bermanfaat mencegah efek radikal bebas yang berbahaya sementara itu betakaroten dalam nanas bermanfaat mencegah kanker prostat dan usus besar.

4. Jeruk

Tak diragukan lagi, jeruk adalah rajanya vitamin C. Dianjurkan baik kita untuk selalu mendapatkan vitamin C setiap hari dalam jumlah cukup karena vitamin ini amat dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta mengurangi dampak radikal bebas akibat polusi. Bagi wanita, dampak vitamin C dalam jeruk dapat meningkatkan kesejahteraan kulit agar senantiasa halus dan mulus. Apakah jeruk mahal? Tidak juga kan?

5. Tomat


Tomat bisa dimasukkan kedalam jenis sayuran juga buah-buahan, karena ada jenis tomat untuk sayur dan ada juga jenis tomat yang paling bagus dikonsumsi selayaknya buah-buahan. Tak kalah dengan 4 jenis buah diatas, tomat juga kaya akan betakaroten, vitamin C, kalium, dan beberapa mineral. Terutama yang paling disegani dalam tomat adalah licopene, yaitu senyawa yang diyakini para ahli kesehatan mencegah kanker prostat pada pria yang juga ditemukan pada buah lain seperti jambu biji, semangka, aprikot, pepaya, dan buah jeruk.

Masih banyak buah murah lainnya yang memiliki tinggi manfaat bagi kesehatan, dan kurang lebih sama dengan beberapa jenis buah yang telah dibahas diatas yaitu jambu biji, semangka, buah melon, dan masih banyak lagi.

Akhir kata


Jadi kesimpulannya, untuk memperoleh kesehatan yang berkualitas, yaitu dengan mengkonsumsi beraneka macam buah tak harus mahal bukan?


sumber : http://www.manfaat-kesehatan.com/buah-murah-yang-berkhasiat-tinggi/

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget