5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Memulai Bisnis Online



Beberapa waktu yang lalu, saya dan Andi Budi Utomo (owner Andi Book Store Bukalapak), tengah berkunjung ke rumah salah satu praktisi Internet Marketing Semarang, M. Nur Wachid (owner Pusat Gamis Terbaru).

Kami bincang-bincang banyak hal dan ditemani ikan bakar plus teh hangat yang sangat maknyusss disantap saat berbuka, nikmat sekali. *saat itu bulan puasa*

Ada beberapa topik tentang bisnis online dan internet marketing yang tak luput kami obrolkan.

Seperti bisnis affiliate, strategi facebook ads, bagaimana memasarkan lewat online, SEO, cara berhubungan dengan pelanggan, dll dll.

Dan dari pembicaraan tersebut, alhamdulillah dapat juga bermacam-macam tips dalam memulai bisnis online yang menurut saya ini patut kita cermati dan merupakan hal mendasar dalam memulai usaha baik online ataupun offline.

*ini ilmu daging dari praktisi loh*

Beberapa di antaranya adalah ….

#1 – Fokus


Di saat memulai bisnis online, fokuskan ke satu bidang dulu, supaya konsentrasi tidak terpecah, dan usahakan pilih usaha yang bisa segera mendatangkan penghasilan (yang penting dapur mengepul dulu).

#2 – Pilih Produk


Meskipun berbau “online”, pemilihan produk tdk harus yg bersifat digital product seperti ebook, tools, software, dll.. tetepi bisa juga yang bersifat fisik, seperti jual makanan, jual pakaian, jual mainan, dll dll.

Tipsnya adalah, cari produk yang Anda pahami. Jangan sekali-kali jual barang yang tidak Anda kuasai seluk beluknya. Karena Anda akan butuh waktu untuk mempelajari product knowledge dan lain sebagainya.

#3 – Buat Lapak


Segeralah buat lapak online untuk menggelar dagangan kita. Resource nya bisa pakai website gratis atau situs-situs marketplace yg banyak tersedia, syukur-syukur mau memakai domain berbayar dan hosting sendiri.

Lapak online bisa diibaratkan kantor / toko kita di dunia maya. Tidak ada lapak = tidak ada toko = tidak ada tempat untuk berjualan.

#4 – Pemasaran


Pada tahapan awal, disamping fokus ke jualan, jangan lupa sisihkan anggaran untuk pemasaran. Bisa pakai optimasi SEO, atau iklan di social media seperti FB Ads. Intinya adalah gunakan internet sebagai tools atau sarana, untuk menyebarkan informasi ke orang lain (promosi).

#5 – Bangun Aset


Biasakan sejak awal memulai bisnis online, mindset kita adalah bangun aset.. bangun aset.. dan bangun aset.. baik aset tangible ataupun aset intangible.

Demikian sharing tentang bisnis online kali ini ya teman-teman.

Semoga bermanfaat dan sukses semuaa yaa..!!
sumber : https://webhostmu.com/tips-memulai-bisnis-online/

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget