Kantor Mu Berantakan ? Ini Solusinya

Kantor Mu Berantakan ? Ini Solusinya.

Tata ruang kantor dapat mempengaruhi produktivitas kerja baik secara positif maupun negatif. Dari sudut pandang efektifitas biaya, merancang ruang kerja adalah suatu hal yang sangat penting. Tata kantor yang baik nantinya tidak hanya berpengaruh pada proses kerja, tetapi juga dapat meningkatkan tampilan kantor secara keseluruhan.

Apa kata Ahli Tentang Devinisi ruang Kantor

Ada beberapa ahli yang mendefinisikan tata ruang kantor diantaranya, sebagai berikut :


  • Menurut George Terry yang disadur pula oleh The Liang Gie menyatakan “Tata ruang kantor adalah penentuan mengenai kebutuhan-kebutuhan dalam penggunaan ruang secara terperinci dari ruang ini untuk menyiapkan suatu susunan yang praktis dari faktor-faktor fisik yang dianggap perlu bagi pelaksanaan kerja perkantoran dengan biaya yang layak” (1988:200).
  • Menurut Littlefield dan Peterson menyatakan “Tata ruang kantor dapat dirumuskan sebagai penyusunan perabotan dan alt perlengkapan pada luas lantai yang tersedia”


Keuntungan Menyusun Tata Ruangan Kantor

Tata ruang kantor disusun berdasarkan aliran pekerjaan kantor sehingga perencanaan ruangan kantor dapat membantu para pekerja dalam meningkatkan produktifitas. Selain itu pengaturan tata ruang kantor yang baik akan memberikan keuntungan-keuntungan, diantaranya :


  • Mencegah penghamburan tenaga dan waktu para pegawai, karena berjalan mondar-mandir yang sebetulnya tidak perlu.
  • Menjamin kelancaran proses pekerjaan yang bersangkutan.
  • Memungkinkan pemakaian ruang kerja secara efisien, yaitu suatu luas lantai tertentu dapat dipergunakan untuk keperluan yang sebanyak-banyaknya.
  • Mencegah para pegawai di bagian lain terganggu oleh publik yang akan memenuhi suatu bagian tertentu.

Manfaat Tata Ruang Kantor

Tata ruang kantor yang efektif akan memberikan manfaat sebagai berikut :

  • Mengoptimalkan penggunaan ruang yang ada secara efektif.
  • Mengembangkan lingkungan kerja yang nyaman bagi pegawai.
  • Memberikan kesan yang positif terhadap pelanggan perusahaan.
  • Menjamin efisiensi dari arus kerja yang ada.
  • Meningkatkan produktivitas kerja pegawai.
  • Mengantisipasi pengembangan organisasi di masa depan dengan melakukan perencanaan layout yang fleksibel.


Beberapa Tehnik Penataan Ruang Kantor

1. Tehnik Penataan Ruang Kantor Terbuka

Ada banyak jenis penataan yang bisa diterapkan, salah satunya tata ruang kantor terbuka. Sesuai dengan namanya, penataan kantor dengan cara ini tidak menggunakan sekat antara satu meja dan meja lain. Umumnya, karyawan ditempatkan dalam satu ruang dan berbagi meja bersama dengan sedikit pembatas. Desainnya dapat berupa, beberapa meja disusun secara berderet dalam ruangan tersebut atau saling berhadapan.


Penataan seperti ini memang akan mengurangi privasi dan konsentrasi. Selain itu, kantor dengan layout terbuka dapat mengaburkan batas kedudukan antara karyawan. Ruangan juga berisiko terlihat berantakan bila banyak barang yang ditumpuk begitu saja. Namun, dengan penataan ini pula, komunikasi sesama pegawai akan lebih mudah untuk dilakukan. Pengawasan terhadap karyawan pun dapat lebih efektif.

2. Tehnik Penataan Ruang Kantor Dengan Sekat / Partisi Kantor


Partisi kantor atau yang disebut workstation sekat ruang dapat memberikan kenyamanan serta keindahan ruang kerja anda dalam bekerja untuk penataan ruang kantor yang rapi dan modern, sekarang ini dibutuhkan partisi kantor yang akan membuat ruang kerja lebih nyaman dan rapi Selain fungsi pembatas ruangan, partisi juga dapat difungsikan sebagai dekorasi suatu ruangan sehingga keberadaannya dapat membuat kesan lebih hidup.


Kegunaan partisi ruangan kantor yang paling terlihat jelas adalah membuat ruangan yang awalnya luas menjadi beberapa bagian sehingga ruangan tersebut bisa digunakan untuk beberapa meja pegawai anda dengan divisi yang berbeda.

Tips Memilih Partisi Kantor yang baik

Pentingnya memilih partisi ruangan yang memiliki kualitas yang baik menjadi syarat penting, dikarenakan dengan bahan yang kokoh dan kuat, partisi tersebut pastinya tidak akan cepat rusak ketika menahan beban pada top table, dengan memilih merk terkenal sudah bisa dipastikan bahwa nantinya anda akan mendapat kualitas partisi kantor yang cukup bagus sekali untuk beberapa tahun kedepan.

Pada umumnya partisi kantor sudah termasuk dengan meja serta kursi kantornya, akan tetapi kebanyakan partisi kantor yang satu paket seperti itu memiliki kualitas yang kurang bagus. Sehingga malah bisa membuat biaya perawatan kantor anda semakin boros untuk kedepannya.
Alangkah baiknya apabila anda memebeli partisi kantor konsultasikan terlebih dahulu kepada ahlinya/jasa partisi kantor yang jual partisi kantor dengan kualitas terbaik dan juga pilihlah merk partisi yang sudah memiliki nama yang baik.

Partisi kantor merk tekenal dengan bahan dasar yang cukup baik bisa anda temukan di beberapa Distribtor partisi kantor yang berada di kota jakarta. Di tempat tersebut biasanya juga menawarkan harga yang cukup terjangkau sekali, usahakan untuk memilih distributor partisi kantor yang memiliki kemasan yang baik serta memiliki tim pemasangan yang berpengalaman agar nantinya disamping kualitas partisi bagus pemasanganya pun juga benar agar pengguna menjadi nyaman saat bekerja.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget