10 Buku Tentang Bisnis Yang Akan Menambah Wawasan dan Bisa Jadi Inspirasi Kamu

Sekarang banyak motivator yang menyarankan orang-orang buat berbisnis.
Daripada jadi karyawan lebih baik mencoba membuat usaha sendiri. Ini saran yang bagus, tapi dengan sugesti macam ini membuat beberapa orang yang akhirnya menjalankan bisnis dengan modal kenekatan. Hasilnya? ada yang sukses tapi gak sedikit juga yang gagal.

Ada benarnya kalau lebih baik memulai dulu daripada cuma berwacana atau kebanyakan mendengar tips dari orang-orang. Tapi, bagaimanapun juga bisnis itu juga ada ilmunya. Akan lebih baik kalau kamu melengkapi diri dengan ilmu bisnis biar bisa menghasilkan bisnis yang oke juga.

Caranya bagaimana? membaca adalah salah satu caranya. Namun kalau hanya membaca buku bisnis terus menerus, tapi gak action itu sama juga bohong. Bisnisnya juga gak bakal jalan. Tapi, membaca itu bisa menjadi persiapan yang bagus untuk kamu. Jadi, jangan anggap membaca itu cuma buang-buang waktu.

Dengan membaca, kamu bisa punya pengetahuan lebih dan bisa mengambil tindakan dengan lebih terarah. Dibandingkan dengan mereka yang cuma modal nekat dan main langsung hajar saja, kamu yang lebih dulu menyerap pengetahuan dari buku dan menjadikannya panduan untuk membangun bisnis, tentu saja akan lebih mudah dalam proses membangun bisnis tersebut.

Untuk belajar tentang bisnis, kamu bisa mempelajarinya dari berbagai macam buku yang akan menginspirasi kamu dan menuntun jalanmu dalam membangun bisnis. Tapi, tentu saja pilihlah buku yang tepat. Jangan buku bisnis yang abal-abal. Pilih buku yang ditulis oleh orang yang memiliki kompeten dan membedah hal-hal yang lebih taktis bukan cuma teori-teori belaka.

Sembari kamu merintis bisnis, kamu bisa tetap mempelajari hal-hal dasar dalam ilmu berbisnis melalui berbagai sumber buku yang kamu baca. Jadi saat kamu action, kamu juga tetap belajar dan tidak asal mengambil tindakan. Percaya deh proses belajar itu gak ada habisnya.

Apalagi sekarang kan long weekend terakhir di bulan April, jangan sia-siakan liburan ini dengan hal-hal yang berbau sia-sia deh, mending baca buku sambil nyari wawasan dan pengetahuan baru. 

Ada 10 rekomendasi buku-buku yang mengupas tentang bisnis yang bisa kamu baca dan pelajari sebagai referensi atau menginspirasi kamu untuk membangun bisnis.

1. Business Adventures : Twelve Classic Tales From The World of Wall Street


Mengapa buku ini sangat direkomendasikan ? Yah, tentu saja buku ini direkomendasikan karena Bill Gates saja sangat menyukai buku ini, Dia pertama kali mengetahui buku ini atas rekomendasi dari seorang pakar pasar saham yang sangat terkenal di Amerika, Warren Buffet.

Orang-orang sukses sekelas Warren Buffet dan Bill Gates saja begitu menyukai dan merekomendasi buku ini untuk dibaca, tentu saja kamu juga harus coba membaca buku ini. Buku ini sempat berhenti beredar dipasaran. Tapi, karena statement Bill Gates dan Warren Buffet yang begitu mengagumi buku ini, akhirnya buku ini kembali beredar.

2. Purple Cow : Transform Your Business by Being Remarkable



Buku ini ditulis oleh Seth Godin. Buku ini mengajarkan bagaimana dalam bisnis itu kamu harus menjadi berbeda. Jika kamu tidak bisa menjadi lebih baik dari bisnis yang sudah lebih dulu eksis, kamu bisa mencoba menjadi yang berbeda atau dalam hal ini diibaratkan sebagai sapi ungu.

Membuat sistem bisnis atau produk yang berbeda dan unik akan memudahkan kamu dalam membangun brand dan memasarkan produk itu. Dengan perbedaan yang kamu miliki, kami dapat dengan mudah menarik perhatian konsumen. Selain itu, konsumen juga akan dengan mudah mengenali produk kamu karena lain daripada yang lain.

3. The Start-Up of You



Buku ini ditulis oleh Reid Hoffman dan Ben Casnocha. Jika kamu tahu sebuah media sosial khusus untuk kalangan professional bernama LinkedIn, nah Reid Hoffman adalah salah satu penggagasnya. Dalam buku ini Reid Hoffman dan Ben Casnoscha menyampaikan beberapa paparan tentang ide DNA Start-Up. Mereka berdua juga menjelaskan tentang mengelola berbagai resiko yang sering ada di sebuah start-up.

Bukan cuma membahas dalam wilayah perusahaan, buku ini juga bisa membantu kamu yang ingin berkarier sebagai seseorang karyawan (employee atau self employee).

4. The Founder's Dilemmas : Anticipating and Avoiding The Pitfalls That can Sink a Startup



Noam Wasserman adalah orang dibalik buku ini. Buku ini dibuat berdasarkan penelitian Wasserman di Princeton. Kala itu dia mempelajari beberapa founder atau pendiri perusahaan dari berbagai industri dan merinci pengalaman mereka, sehingga dia bisa menghasilkan buku yang begitu luar biasa ini.

Buku ini mampu membantu kamu para enterpreneur agar bisa mengambil langkah-langkah yang lebih proaktif dalam mengambil tindakan supaya kamu tidak salah. Selain itu, hal ini juga untuk mengurangi dampak negatif pada bisnis.

5. Lean Startup : How Today's Entrepreneurs Use Continuous Innovation to Create Radically Successful Businesses



Buku ini ditulis oleh seorang Eric Reis. Melalui buku ini kamu bisa belajar tentang perjuangan terbeser yang akan dihadapi dalam membangun bisnis sendiri yaitu arus kas. Buat kamu yang ingin bisa mengelola anggaran secara efektif, buku ini adalah pilihan yang tepat!

Buku Eric Reis ini akan mengajarkan kamu bagaimana mengelola anggaran secara efektif dan memungkinkan kamu bisa bebas berinovasi dan membuka jalanmu sendiri di dunia bisnis.

6. Bussiness Model Generation oleh Alexander Osterwalder



Sekarang sudah semakin banyak model usaha. Mungkin hal ini bisa membuat kamu bingung ingin memulai usaha atau bisnis jenis apa. Nah, buku ini sangat tepat untuk menjawab itu semua. Osterwalder meramu berbagai tips keren yang bisa kamu gunakan untuk membuat bisnis model baru hingga memenangkan bisnis.

Buku ini cukup praktis dan tentu penuh inspirasi bagi setiap orang yang berusaha sangat keras meningkatkan model dari bisnisnya atau membuat model bisnis yang baru.

Buku ini akan memberikan wawasan mengenai teknis inovasi yang sangat praktis dan ampuh digunakan oleh banyak perusahaan terkemuka di dunia. Kamu juga akan belajar bagaiman cara memahami, mendesain dan juga menerapkan sebuah model bisnis baru secara sistematis atau dengan menganalisis dan merenovasi dari model bisnis lama.

Baca juga

7. Peter Principle : Why Things Always Go Wrong



Buku ini ditulis oleh Laurence J. Peter dan Raymond Hull. Dalam bisnis pasti kamu pernah mengalami titik paling lemah dan merasa tidak mampu. Nah dibuku ini kamu bisa belajar untuk memahami hal yang harus kamu lakukan saat kamu berada dalam "Titik Ketidakmampuan".

Dalam bisnis, team work sangatlah berpengaruh. Orang-orang atau SDM yang ada di dalam bisnis menjadi entitas yang sangat perlu dipikirkan kualitasnya. Di buku ini kamu juga akan diajarkan bagaimana caranya untuk merekrut orang-orang yang tepat dan hebat untuk membantu kamu mengembangkan bisnis.

8. Disney Way : Harnessing the Management Secrets of Disney in Your Company



Buku ini ditulis oleh Bill Capodagli dan Lynn Jackson. Buku ini menyatakan bagaimana pentingnya lingkungan kerja untuk meningkatkan produktivitas. Hal ini mungkin tampak sepele, tapi memiliki pengaruh yang sangat besar dalam perkembangan bisnis melalui buku ini.

Melalui buku ini kamu akan belajar bagaimana untuk membangun sebuah lingkungan kerja yang akan meningkatkan produkvititas, efektif, dan positif untuk setiap karyawan dan pelanggan. Semua cara ini tentu saja mengadopsi dari bagaimana cara perusahaan Disney bekerja.

9. Behind the Cloud : The untold Story of How salesforce.com Went from Idea to Billion-Dollar-Company and Revoutionized an Industry



Buku ini ditulis oleh Marc Benioff dan Carlye Adler. Buku ini akan membuka wawasan kamu mengenai inovasi salesforce.com dalam membangun bisnis mereka. Perusahaan ini berawal dari seubah ide yang akhirnya menjelma menjadi sebuah perusahaan dengan nilai jual jutaan dolar.

Dari buku ini kamu bisa belajar banyak tentang bagaimana menggunakan hal-hal unik yang dimiliki bisnis kamu untuk bisa meningkatkan pendapatan yang lebih besar.

baca juga :

7 Cara Membangun Mental Bisnis Yang Kuat Sekuat Baja

10. Think And Grow Rich



Buku ini ditulis oleh Napoleon Hill. Di sini kamu akan dibawa untuk menyadari bagaimana kekuatan pikiran itu sangatlah luar biasa. Buku ini mengarah pada personal development and self-improvement. Tentu saja hal itu sangat penting bagi kamu dalam membangun bisnis. Karena dengan pemikiran yang lebih baik, kamu akan bisa membangun bisnis yang lebih baik juga.

Jika selama ini kamu malas membaca, mulai sekarang cobalah untuk menyenangi kegiatan membaca ini. Dari membaca kamu bisa belajar banyak dan menambah wawasan yang lebih luas lagi. Selamat membaca buku-buku ini, selamat belajar, dan selamat mengaplikasikannya dalam bisnis kalian yah teman-teman. Salam sukses.
sumber : https://infopeluangusaha.org/10-buku-tentang-bisnis-yang-akan-menambah-wawasan-kamu/

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget