5 Tips Memaksimalkan Linkedin untuk Bisnis Anda

5 Tips Memaksimalkan Linkedin untuk Bisnis Anda

5 Tips Memaksimalkan Linkedin untuk Bisnis Anda
Kita tahu promosi bisnis tidak dapat dipisahkan dari adanya sosial media dan juga koneksi yang luas dengan banyak orang. Sebuah bisnis membutuhkan banyak orang untuk menjadi salah satu dari calon dan bahkan potensial customer mereka. Dan sebuah bisnis juga membutuhkan perantara dan wadah diantara hubungan tersebut, yang dalam hal ini adalah sosial media. Linkedin menjadi salah satu yang paling dicari saat ini. Selain menjadi tempat bertemunya para profesional kerja yang melakukan personal branding mereka sendiri, Linkedin juga menjadi tempat perusahaan baik kecil maupun yang besar untuk memperkenalkan bisnis mereka. Kegiatan promosi sendiri tidak berhenti sampai suatu bisnis mendapatkan keuntungan penjualan, tapi berlanjut pada bagaimana mereka menjalin kerjasama dan hubungan baik dengan pelanggan. Dan salah satunya yaitu melalui media Linkedin ini. Lalu bagaimana sebenarnya cara memaksimalkan Linkedin untuk proses promosi bisnis kita?

1. Buat akun pribadi

Seperti yang kita ketahui, Linkedin adalah sebuah media yang kita gunakan untuk menaruh semua data tentang kita dan pengalaman kerja kita. Dalam bisnis, Linkedin berfungsi sebagai tempat memperkenalkan bisnis kepada khalayak. Salah satu yang dibutuhkan saat menggunakan Linkedin untuk bisnis adalah dengan membuat akun pribadi baik diri Anda sendiri atau perusahaan Anda. Ini akan terlihat lebih profesional daripada Anda mencampur keduanya. Anda akan lebih konsen dalam mempromosikan diri Anda atau bisnis Anda.

Dalam membuat sebuah akun pribadi untuk diri sendiri dan juga bisnis Anda, jangan lupakan tentang nama akun dan juga foto dari profil yang dibuat. Ini akan menjadi alat branding kita ke rekan kita.

2. Minta rekomendasi

Salah satu fitur yang ada di Linkedin adalah meminta rekomendasi dari teman. Seperti halnya branding di media pada umumnya, tentu kita akan meminta rekomendasi dari orang terdekat kita terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar kita mudah dikenal oleh orang yang sebenarnya tidak kita kenal sebelumnya. Teman atau rekan kita tentu memiliki relasi yang banyak dan berbeda. Mintalah rekomendasi dari mereka. Tapi Anda harus memastikan bahwa permintaan rekomendasi ini tidak akan menjadi bumerang bagi Anda dan membuat Anda kehilangan pelanggan Anda.

3. Ajak rekan Anda untuk tahu siapa Anda

Dalam profil atau akun Linkedin kita tentu akan ditanya tempat bekerja, pengalaman bekerja, project apa yang sudah dan sedang dikerjakan dan lain sebagainya. Jangan sia – siakan kolom tersebut. Anda harus benar – benar mengisinya, karena dari kolom yang sudah Anda isi, rekan atau teman Anda di Linkedin akan tahu siapa Anda dan apa yang sedang Anda kerjakan saat ini. Ini juga berlaku bagi akun atau profil bisnis Anda. Ajak rekan Anda untuk mengetahui bisnis apa sebenarnya yang sedang Anda bangun, project apa yang sedang bisnis Anda kerjakan dan lain sebagainya. Ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pelanggan Anda nantinya.

4. Update sesering mungkin

Saat ada update terbaru di akun Linkedin kawan kita, kita tentu akan menerima notifikasi di email berupa pemberitahuan update tersebut bukan? Ya, seperti pekerjaan mereka saat ini. Inilah yang bisa Anda jadikan peluang dalam mempromosikan diri Anda dan juga bisnis Anda. Rekan atau teman Anda perlu tahu apa yang sedang dan akan Anda dan bisnis Anda lakukan. Mereka harus tahu update terbaru dari bisnis Anda. Maka dari itu, jangan segan untuk lebih sering melakukan update di Linkedin Anda. Ini akan memberikan kesan profesional di dalam diri calon pelanggan Anda. Tapi ingat lagi, jangan sampai update ini mengganggu dan menjadi masalah bagi Anda dan bisnis Anda. Lakukan dengan bijak dan tetap beretika.

5. Lakukan perkenalan

Apa gunanya memiliki akun Linkedin jika Anda tidak memanfaatkannya untuk mendapat teman atau pelanggan baru? Anda bisa mengajak orang yang Anda temui di Linkedin berkenalan. Anda juga bisa mencari teman baru dari teman yang dimiliki pelanggan Anda. Relasi terbentuk dari komunikasi yang baik antara Anda dengan calon pelanggan Anda. Tapi ingat, kesopanan saat berkenalan akan memberikan kesan terbaik bagi calon pelanggan dan calon teman Anda. Jika memang Anda ingin lebih mengenal, Anda bisa menghubunginy melalui informasi kontak yang sudah tercantum.

Selamat mencoba

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget