7 Tips Menata Meja Kerja supaya Kamu Makin Produktif
Kamu tentu pernah merasa menjadi sangat tidak produktif ketika sudah tiba di meja kerjamu. Entah apapun penyebabnya, semangatmu menjadi hilang ketika sampai di meja kerja sehingga pekerjaan yang menunggu pun tidak kunjung dikerjakan. Jika sudah seperti itu, produktivitasmu menjadi menurun dan kamu akan kesal sendiri sebab tidak mampu mengerjakan tugas secara optimal.
Jika kamu berpikir penyebabnya adalah mood yang memburuk atau tidak sesuai, kamu juga harus mengecek bagaimana keadaan meja kerjamu loh! Karena bisa jadi, mood buruk itu muncul setelah kamu melihat kondisi meja kerjamu yang tidak beraturan. Bagaimanapun, melihat meja kerja yang lebih tertata akan lebih baik untuk menimbulkan semangat kerja.
Apalagi, kamu akan berada di depan meja kerja selama berjam-jam tiap harinya. Bisa dibayangkan jika meja tersebut tidak tertata dengan baik, otomatis produktivitasmu bisa terus tergerus dan prestasi kerjamu akan menurun drastis.
Menyadari betapa pentingnya meja kerja dapat meningkatkan produkivitasmu, ada baiknya mulai sekarang kamu mulai pintar-pintar menata meja kerja agar bisa menjadi tempat yang nyaman untuk bekerja. Masih bingung bagaimana cara menatanya yang tepat? Berikut ini kami memberikan bebetapa tips menata meja kerja yang simpel, namun bisa berdampak besar untuk membuatmu semakin semangat dan produktif bekerja!
1. Jangan Biarkan Ada Benda yang Berserakan
Salah satu hal utama yang membuat kamu terburu malas duluan untuk bekerja adalah melihat pemandagan meja kerjamu yang tampak berantakan dengan dokumen yang berserakan ataupun peralatan tulis yang berhamburan. Hal ini tentu sangat berdampak pada kinerjamu. Bukan hanya menimbulkan rasa malas, banyaknya kertas dan peralatan lain yang berserakan agak membatasi ruang gerakmu selama bekerja di meja tersebut.
Baca juga: Meja Belajarmu Selalu Berantakan? Ikuti Tips Ini Agar Mejamu Selalu Rapi
Jadi mulai sekarang, cobalah selalu menata meja kerjamu agar tampak rapi. Yang pertama bisa kamu lakukan adalah menaruh benda dalam wadahnya masing-masing. Sebagai contoh, kamu bisa menempatkan tumpukan dokumenmu dalam binder yang kece untuk kemudian diletakkan di sudut meja agar tidak menganggu ruang gerak dan pandangan. Peralatan tulis yang berhamburan juga bisa kamu taruh dalam tempat pensil berbentuk unik seperti tempat pensil batik dari Timber Lou ataupun pot pensil dari Roepa dan Its Me Craft and Stuff. Model tempat pensil yang menyerupai pot ini sekaligus bisa menjadi penghias meja kerjamu loh.
Selain mencoba menyimpannya dengan rapi di tempat-tempat yang unik, kamu juga harus cerdik meletakkan berbagai dokumen dan peralatan kerjamu itu. Untuk binder berisi dokumen, sebaiknya kamu meletakkannya secara bertumpuk di sudut meja agat mudah diambil dan tidak menyita ruang kerjamu. Sementara itu, untuk wadah peralatan tulis, taruhlah di tempat yang mudah diraih, misalnya di dekat keyboard komputermu.
2. Sediakan Tempat Sampah di Sekitar Meja Kerja
Supaya lebih produktif, meja kerja tentunya harus selalu bersih dan rapi. Selain untuk memudahkan ruang gerakmu, meja kerja yang bersih dan rapi bisa meningkatkan kesegaranmu selama bekerja. Setelah menata perlengkapan kerjamu dengan baik, hal yang harus kamu lakukan lainnya adalah menjaga sebisa mungkin agar meja kerjamu tidak dipenuhi sampah yang mungkin berasal dari kertas tidak terpakai, bungkus permen, ataupun sampah-sampah lainnya.
Sebagian orang membiarkan meja kerjanya terlihat kotor secara tidak sengaja karena malas membuang sampah-sampah ke tempat sampah yang berada agak jauh dari tempat duduknya. Untuk mencegah hal ini terjadi juga padamu, sediakanlah tempat sampah yang unik dan bagus di samping meja. Kamu juga bisa menjadikan keranjang rotan seperti dari Romana Wicker sebagai tempat sampah sementara. Jadi jika ada sedikit sampah di meja kerja, kamu bisa langsung membuangnya tanpa perlu repot-repot berpindah posisi.
Baca juga: Butuh Alat Simpan yang Kokoh tapi Ringan? Keranjang Anyam Rotan Ini Jawabannya!
Selain di samping meja kerja, kamu juga bisa menaruh keranjang sampahmu di kolong meja. Ini khususnya buat kamu yang gila kebersihan. Dengan menaruh tempat sampah di kolong meja, meja kerjamu akan tampak lebih rapi dan teratur. Sampah-sampahmu pun tidak akan terlihat sehingga meja kerjamu tampak lebih bersih.
3. Beri Hiasan Secukupnya
Ada yang kurang rasanya jika meja kerjamu hanya berisi tumpukan dokumen, peralatan tulis, laptop, dan benda-benda lainnya yang berhubungan dengan pekerjaan. Padahal saat di meja kerja, kamu juga membutuhkan penyemangat yang bisa dilihat saat sedang istirahat sejenak. Penyemangat itu bisa berupa foto orang-orang terkasih, hiasan meja berisi kata-kata motivasi seperti dari Popliving dan Maken Living, ataupun pot tanaman yang menurut sebuah penelitian bisa mengurangi rasa lelah ataupun tingkat stresmu.
Baca juga: Hias Meja Kerjamu dengan Produk-produk Handmade Ini Agar Makin Fresh
Yang perlu digarisbawahi, ketika memutuskan menaruh hiasan saat menata meja kerja, kamu jangan kebablasan alias asal menaruh semua perabotan yang dianggap lucu. Cukup berikan beberapa sentuhan hiasan meja yang kecil, namun berarti besar. Jangan sampai karena kebanyakan menaruh hiasan, ruang gerakmu di meja kerja malah menjadi sempit dan meja kerjamu tampak berantakan.
Kamu juga tidak bisa asal menaruh hiasan meja tersebut karena jika peletakannya salah, benda-benda itu justru bisa mengganggu konsentrasimu saat bekerja. Untuk trik simpelnya, taruhlah hiasan berupa pajangan atau pot tanaman di belakang layar komputermu. Agar lebih cantik, jika memang ada beberapa pajangan, jangan susun secara garis lurus baik sejajar maupun dari depan ke belakang. Lebih baik, aturlah hiasan-hiasan tersebut menyerupai segitiga agar tidak memakan tempat, sekaligus memungkinkan semua tampilannya terlihat jelas olehmu yang duduk di depan meja.
4. Pastikan Pencahayaannya Cukup
Saat bekerja, kamu pastinya membutuhkan pencahayaan yang memadai supaya kegiatanmu terasa lebih ringan. Sayangnya, tidak semua orang menyadari akan pentingnya sebuah lampu meja untuk mendukung kinerjanya agar semakin produktif. Kebanyakan orang berpikir menata meja kerja hanya berfokus pada masalah menghiasi mejanya supaya tampak menarik. Padahal, jika pencahayaan meja kerjamu tidak mencukupi, matamu akan lebih cepat lelah sehingga produktivitasmu akan terhambat.
Tidak mau kan memerlukan waktu lebih lama menyelesaikan tugas hanya gara-gara mata sakit akibat sinar yang tidak memadai? Jadi mulai sekarang, jangan lupa beri pencahayaan yang tepat ketika menata meja kerjamu. Kamu bisa memberikan lampu meja sebagai penambah cahaya jika memang kamu berada di dalam ruangan yang tidak pencahayaannya kurang mendukung. Contohnya kamu bisa menaruh lampu meja handmade seperti yang diproduksi oleh Izemu, FOI Woodworks, ataupun Widusaka Woodmate. Untuk meja kerja di rumah pun, kamu bisa memaksimalkan pencahayaan dengan menaruh meja kerjamu di dekat jendela.
Khusus buat kamu yang memakai lampu meja untuk penerangan, sering kali banyak orang menemui kesalahan saat mengatur posisinya di meja kerja. Sebagian orang lebih mengarahkan lampu meja ke arah layar komputer mereka. Padahal, layar sudah menghasilkan cahayanya sendiri. Nah, akan lebih tepat jika kamu meletakkan lampu meja di dekat atau mengarah ke keyboard. Ini bisa membantumu untuk mengetik lebih cepat dan tepat.
5. Taruh Smartphone agak Jauh dari Wilayah Kerjamu
Meskipun smartphone sangat berguna untuk memudahkan komunikasi dan beberapa pekerjaanmu, benda yang satu ini ternyata juga bisa membuat kamu menjadi sangat tidak produktif saat di meja kerja. Bukannya merampungkan tugasmu, bisa jadi kamu malah asyik bermain smartphone, entah itu chatting dengan banyak orang ataupun bermain game yang seru.
Karena alasan itulah, sebaiknya kamu menaruh smartphone di tempat yang agak jauh dari wilayah kerja di meja kerjamu. Sebagai contoh, kamu bisa menaruhnya di sudut meja yang berseberangan dengan dokumen kerja atau tepat di belakang layar komputer sehingga tidak tampak oleh penglihatanmu ketika sedang fokus bekerja.
Kamu pun bisa membuat ponselmu sepintas menjadi hiasan meja dengan meletakkan di tatakan gadget unik, seperti buatan Indra Jaya Craft ataupun Doclassworks. Jangan lupa untuk memasang smartphone-mu dalam mode silence supaya kamu lebih berkonsentrasi dalam bekerja. Memasangkan casing dengan flipcover dari Batik Geek ataupun Madera juga bisa menjadi alternatif buat kamu yang sering merasa terganggu dengan layar ponsel yang menyala setiap ada notifikasi masuk.
6. Singkirkan Semua Benda yang Tidak Perlu
Meja kerja tentunya tempat kamu untuk bekerja, bukan untuk berkegiatan lain. Akan tetapi, kehadiran benda-benda yang tidak perlu di meja kerjamu cenderung membuat konsentrasimu teralihkan sehingga kamu tidak fokus bekerja, melainkan juga asyik menggunakan benda-benda yang kapasitasnya bukan untuk mendukung produktivitasmu. Benda-benda itu bisa berupa camilan, mainan, ataupun peralatan make-up bagi perempuan.
Jika sudah sadar bahwa makanan ringan maupun peralatan make-up bukanlah bagian dari peralatan kerja, singkirkan mereka sejenak dari pandanganmu selama di meja kerja. Kamu bisa menata meja kerjamu secara ulang dan menaruh benda-benda tersebut ke dalam laci ataupun tasmu. Jangan sampai bukannya giat bekerja, kamu malah asyik menyantap snack ataupun sibuk mengikir kuku di sela waktu kerja.
7. Pasang Sticky Notes sebagai Pengingat
Setiap pekerjaan pasti memiliki batas waktu penyelesaiannya. Tenggat tersebut ternyata juga bisa memacu semangatmu untuk segera menyelesaikan pekerjaan yang sudah di depan mata. Supaya kamu bisa lebih ingat batas waktu pekerjaan dan hal apa saja yang mesti kamu selesaikan, memajang sticky notes di meja kerjamu bisa menjadi alternatif pilihan yang tepat loh.
Jadi ketika menata meja kerja tiap harinya, jangan lupa selalu tempelkan notes yang berisi hal apa saja yang mesti diselesaikan pada hari tersebut. Pajanglah sticky notes dengan berbagai warna yang mudah menarik perhatian dan taruh di tempat yang mudah dilihat, seperti di atas dokumen yang mesti dikerjakan, di pinggir layar komputer, ataupun tempat lainnya yang berada dalam jarak lurus pandangan matamu. Dengan adanya pengingat semacam ini, kamu pun tidak akan berani malas-malasan, bukan?
Menata meja kerja bukanlah sesuatu yang sulit. Kamu cukup menghadirkan apa-apa saja yang diperlukan untuk memaksimalkan penyelesaian tugasmu dan menyingkirkan barang-barang yang bisa mengaburkan konsentrasinya. Dengan menata meja kerja secara tepat, kamu akan mulai merasaka bagaimana produktivitasmu akan meningkat sehingga pekerjaanmu juga akan selesai lebih cepat. Jadi, bagaimana dengan meja kerjamu? Sudah harus ditata ulang apa belum?
sumber : http://blog.qlapa.com/tips-menata-meja-kerja-produktif
Posting Komentar